Selagi Masih Muda

Selagi Masih Muda
Gass poLL trussssssss

Minggu, 29 Agustus 2010

Yamaha Jupiter MX 135LC - Buncit 300 cc!





Buncit 300 cc! 

Pasti kaget begitu tahu volume silinder Yamaha Jupiter MX 135LC ini. Bebek yang aslinya hanya 135 cc dibore-up sampai 300 cc. Ini kelakuan edan anak2 blap liar ( PEBALI).

Angka 300 cc didapat dari diameter x stroke, yaitu 71 mm x 76 mm. “Kalau dihitung iseng menggunakan kalkulator dicapai 300,75 cc. Lebih dari 300 cc kan!,”

Untuk mecari diameter 71 mm tinggal comot piston punya Yamaha Scorpio oversize 100. Namun harus diakali. Lubang pin piston Scorpio 16 mm. Harus dibuatkan bosh supaya pas dengan pin seher yang 14 mm.

Justru yang repot pasang liner di blok agar masuk piston gambot itu. Dipilih boring dari mesin diesel yang tahan kompresi tinggi. Boring gede berakibat lubang water jacket atau tempat lewatnya air pendingin jadi tertutup. Tapi, posisi lubang baut blok tetap tidak berubah.

Namun akibat penggantian boring yang gede, lubang crankcase harus diperlebar. “Crankcasedibesarkan hingga menganga 76 mm,” jelas Kenyounk yang jga mengandeng Ajhi salah mahasiswa fisipol yang berkampus di UIR Riau.

Untuk memperkuat, sisi-sisi blok dilas argon. Termasuk blok sisi dalam yang menghadap rantai keteng. Juga kena las argon. Pengerjaannya dipilih di Jogja. Sebab di Pekanbaru tidak ada yang sanggup.

Disusul mengakali agar stroke mencapai 76 mm, padahal aslinya hanya 58,7 mm. Naik tajam 17,3 mm. Didapat dengan cara memindahkan pin kruk as sampai keluar bandul poros engkol itu.
Biar kuat ditahan dengan las listrik.

Diakali juga dengan mengganti setang piston standar yang kelewat panjang. “Dicomot punya Honda CB100 K5 dengan alasan lebih pendek dan diameter big end sama dengan pin kruk as Jupiter MX,” argumen Kenyounk yang sekarang mengandeng status sebagai salah satu mahasiswa teknik mesin di AKPRIND Yogyakarta.

Meski setang piston pendek, tetap saja harus dibuatkan pengganjal atau adaptor di blok bawah. Dipilih bahan dari aluminium setebal 15 mm. Diimbangi paking kepala silinder 0,5 mm. Pas.


TUTUP LUBANG AIR
Water jacket di blok sudah tertutup. Otomatis pendinginan hanya mengandalkan udara. Beda dengan di kepala silinder, tetap menggunakan pendingin air. Namun agar air tidak masuk ruang bakar lantaran piston yang besar, lubang harus ditutup las argon. Kemudian diratakan kembali.

 
.

Juga diikuti pasang klep lebar n per kjlep asal jepang. Dipilih milik Suzuki Raider 150. Lebar payung in 22 mm dan ex 19 mm. Namun batang klep cukup pendek. Harus diimbangi baut setelan klep yang panjang. Dipilih buatan TDR Thailand.

DIPERBANYAK?
Kini Kenyounk  sedang memperbanyak blok Jupiter MX bore up 300 cc. Sekarang dalam proses pengerjaan gambar di komputer. Selanjutnya dibuat die cast atau cetakan. ”

3 komentar:

  1. gn,td kan katanya pengerja'n blok tu d krm ke yogyakarta,knp g d pekan baru ja???
    kan seperti yg kt tw i pakan kan ada IFAN BOY,AGUS KIRANA.
    knp mst jauh" d paketkan ke jogja????

    BalasHapus
  2. soal nya kami selaku mekanik berkibar di jawa bosss....

    lge pla, ivan n agus,
    ngirim mesin jga ke jawa, cma perakitan n seting2 nya baru di daerah nya masing2...

    begitu jga mekanik2 luar jawa lain nya.....
    seperti maluku ,sulawesi ,kalimantan dll....

    BalasHapus
  3. Boss, total nya berapa buat blok dan head lengkap 200cc jak. berapa lama bos pengerjaannya. plus ongkir ke pontianak.

    BalasHapus

Selamat Bergabung Dengan Kami Semoga Blog Ini Bermanfaat.